9.1.
Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2.
merespon makna yang
terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berintraksi dengan lingkungan secara dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.
Expresi ungkapan tentang :
1.
Meminta,
memberi, dan menolak jasa
(Main material),
2.
Meminta, memberi, dan menolak barang,
3.
Meminta, memberi, dan
mengingkari informasi
4.
Meminta,
memberi, dan menolak pendapat, dan
5.
Menawarkan
/ menerima / menolak sesuatu
|
1.
Kegiatan pendahuluan (explorasi)
a.
Apakah
kalian pernah memberikan pertolongan terhadap orang lain?
b.
Siapakah
orang yang kalian tolong?
c.
Bagaimana
kalian menawarkan pertolongan tersebut?
d.
Bagaimana
kalian memberikan
pertolongan tersebut?
2.
Kegiatan inti (elaborasi)
a.
Siswa
memperagakan bagaimana memberi
pertolongan kepada orang lain.
b.
Meminta 2 siswa memperagakan
bagaimana memberikan pertolongan
pada seseorang
c.
Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan
untuk memberi pertolongan dalam bahasa
inggris berbentuk short dialog
d.
Dengan menggunakan contoh ungkapan yang
diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student
A :
May I help you?
A:
May I help you?
B: Very well, thank you
e.
Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan
pertolongan.
f.
Siswa mempraktektan dialog mereka secara
berpasang-pasangan
3.
kegiatan penutup (konfirmasi)
a.
Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran
berlangsung.
b.
Apakah kegiatan
pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
c.
Kesulitan apa yang kalian alami selama materi
pembelajaran ini berlangsung?
|
1.
Dapat mengungkapkan
ungkapan
1)
Meminta, member, dan menolak jasa
2)
Meminta, memberi, dan menolak barang
3)
Meminta,
memberi, dan mengingkari
informas
4)
Meminta, memberi, dan mengingkari
informasi
5)
Meminta, memberi, dan menolak pendapat
6)
Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
1.
Lingkungan Sekolah sebagai sarana
pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
2.
English in Focus for Grade VIII halaman 11
oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
3.
Scaffolding English for Junior High School,
Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari.
|