SILABUS
Sekolah :
SMP Raden Fatah
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter
|
Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB)
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
7.1. Mmerespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta,
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.
Expresi ungkapan tentang :
1.
Meminta,
memberi, dan menolak jasa
(Main material),
2.
Meminta, memberi, dan menolak barang,
3.
Meminta, memberi, dan
mengingkari informasi
4.
Meminta,
memberi, dan menolak pendapat,
5.
Menawarkan
/ menerima / menolak sesuatu
|
1. Kegiatan
pendahuluan (explorasi)
a. Apakah kalian pernah memberikan pertolongan
terhadap orang lain?
b. Siapakah orang yang kalian tolong?
c. Bagaimana kalian menawarkan
pertolongan tersebut?
d. Bagaimana kalian memberikan pertolongan tersebut?
2. Kegiatan
inti (elaborasi)
a.
Siswa
memperagakan bagaimana memberi
pertolongan kepada orang lain.
|
1. Dapat mengungkapkan ungkapan
1) Meminta, member, dan menolak jasa
2) Meminta, memberi, dan menolak barang
3) Meminta, memberi, dan mengingkari
informas
4) Meminta, memberi, dan mengingkari
informasi
5) Meminta,
memberi, dan menolak pendapat
|
Tes tertulis
Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
1.
Lingkungan Sekolah sebagai sarana
pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
2.
English in Focus for Grade VIII halaman 11
oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
3.
Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R
Irjayanti & Virga Renitasari. Hal: 61 & 141
|
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter
|
Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB)
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
menerima dan menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi,
dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
menawarkan/menerima/ menolak sesuatu.
7.2.
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, memberi perhatian terhadap
pembicara, mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
6.
Agreement
dan disagreement
|
b.
Meminta 2 siswa memperagakan bagaimana memberikan pertolongan pada seseorang
c.
Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan
untuk memberi pertolongan dalam bahasa
inggris berbentuk short dialog
d.
Dengan menggunakan contoh ungkapan yang
diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student
A :
May I help you?
A:
May I help you?
B: Very well, thank you
e.
Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan
pertolongan.
f.
Siwa mempraktektan dialog mereka secara
berpasang-pasangan
3. Kegiatan
penutup (konfirmasi)
a.
Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran
berlangsung.
b.
Apakah kegiatan
pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
Kesulitan apa yang kalian alami selama materi
pembelajaran ini berlangsung
|
6) Menawarkan /
menerima / menolak sesuatu,
|
Tes lisan
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
1.
Lingkungan Sekolah sebagai sarana
pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
4.
Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R
Irjayanti & Virga Renitasari.
|
Standar kompetensi : Mendengarkan
8.
memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek
sederhana untuk berintraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter
|
Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB)
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
8.1. merespon makna yang terdappat dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
8.2. merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berintraksi dengan lingkungan secara
dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: do you
mindlending me some money?
B: no problem/ I want to, but...
A: can i have a bit
B: sure, here you
A: here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: do you like it?
B: yes, I do
A: have you done it?
B: sorry, I haven’t
A: do you think it’s good?
B: i thinks so/ sorry, I can’t say anything
A: would you like some...
B: yes, please/ no, thank
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: what if it I do it again
B: fine with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A:.....
B: Right/ I see/ hm..m
·
hello, excuse me...
·
Did you?/ were you?
·
Thanks/ bye../ see
you.
·
Could i speake
to..please?
·
Well, I’m calling to..
·
Nice talking to you
|
1. Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb,adj,
adverb)
2. Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
3. Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
4. Mendengarkan percakapan tewntang materi terkait
5. Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
6. Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
7. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/ topik yang akan dibahas
8. Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
9. Menentukan makna kosakata dalam daftar
10. Menggunakan kosakata dalam kalimat
11. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkaiat
12. Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
13. Mendengarkan percakapan
14. Menjawab pertanyan tentang percakapan
|
· Mengidentifikasikan berbagai informasi dalam teks funsional pendek
undangan, pesan singat
· Mengidentifikasikan tujuan komunikatif teks fungsional pendek
|
v Tes tulis (melengkapi rumpang)
Ex:
Listen to the dialogue
and complete the following teks
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Script teks fungsional pendek
3. Rekaman teks
4. Tape recorder
5. Contoh teks fungsional
6. Gambar yang relevan
|
Standar kompetensi : Berbicara
9
Mengungkapkan
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Skompetensi
Dasar
|
Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter
|
Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB)
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
9.1.
Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2.
merespon makna yang
terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berintraksi dengan lingkungan secara dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.
Expresi ungkapan tentang :
1.
Meminta,
memberi, dan menolak jasa
(Main material),
2.
Meminta, memberi, dan menolak barang,
3.
Meminta, memberi, dan
mengingkari informasi
4.
Meminta,
memberi, dan menolak pendapat, dan
5.
Menawarkan
/ menerima / menolak sesuatu
|
1.
Kegiatan pendahuluan (explorasi)
a.
Apakah
kalian pernah memberikan pertolongan terhadap orang lain?
b.
Siapakah
orang yang kalian tolong?
c.
Bagaimana
kalian menawarkan pertolongan tersebut?
d.
Bagaimana
kalian memberikan
pertolongan tersebut?
2.
Kegiatan inti (elaborasi)
a.
Siswa
memperagakan bagaimana memberi
pertolongan kepada orang lain.
b.
Meminta 2 siswa memperagakan
bagaimana memberikan pertolongan
pada seseorang
c.
Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan
untuk memberi pertolongan dalam bahasa
inggris berbentuk short dialog
d.
Dengan menggunakan contoh ungkapan yang
diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student
A :
May I help you?
A:
May I help you?
B: Very well, thank you
e.
Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan
pertolongan.
f.
Siswa mempraktektan dialog mereka secara
berpasang-pasangan
3.
kegiatan penutup (konfirmasi)
a.
Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran
berlangsung.
b.
Apakah kegiatan
pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
c.
Kesulitan apa yang kalian alami selama materi
pembelajaran ini berlangsung?
|
1.
Dapat mengungkapkan
ungkapan
1)
Meminta, member, dan menolak jasa
2)
Meminta, memberi, dan menolak barang
3)
Meminta,
memberi, dan mengingkari
informas
4)
Meminta, memberi, dan mengingkari
informasi
5)
Meminta, memberi, dan menolak pendapat
6)
Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
1.
Lingkungan Sekolah sebagai sarana
pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
2.
English in Focus for Grade VIII halaman 11
oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
3.
Scaffolding English for Junior High School,
Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari.
|
Standar kompetensi : Berbicara
10. mengunkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana bebentuk
recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
10.1 mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 mengungkapkan makan dalam monolog pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan
narrative
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
·
Komunikatif; menanamkan sikap komunikatif
dengan membaca nyaring makna teks
pendek dan esei pendek.
|
Menumbuhkan sikap kompetensi dan juga sikap toleransi dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Menumbuhkan sikap kompetensi dan juga sikap toleransi dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Menanamkan sikap komunikatif dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
· teks fungsional pendek:
·
undangan
·
pengumuman
·
pesan singkat
·
teks monolog berbentuk
narrative
|
1.
Review kosakata dan
ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
2.
Membuat kalimat
sederhana untuk:
·
Mengundang
·
Mengumumkan
·
Memberi pesan
3.
Membahas gambit-gambit
yang sering muncul dalam teks fungsional
terkait
4.
Membuat secara lisan:
·
Undangan
·
Pengumuman
·
Pesan singkat
1. Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema
yang dipilih
2. Membuat kalimat secara lisan terkait ciri-cirikebahasaan teks narrative
·
Simple past
·
Past continous
·
Temporal
·
Cojuctions
·
Connective
·
Adverbs
·
Adjective
3. Melakaukan percakapan terkait cerita populer dikotanya menggunakan
gambit-gambit yang sesuai:
Really? That’s
temble!, How then?, First..., then..., finally..
4. Menceritakan kembali teks narrative yang pernah didengar
Menceritakan bedasarkan gambar cerita populer
|
· Mengungkapan secara lisan teks fungsional:
·
Pengumuman
·
Undangan
·
Pesan singkat
·
Bertanya dan menjawab
secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat
Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk
narrative dan recount
|
v Tes lisan (Performance)
Ex:
1. Invite your friend orally to join a discassion on the danger of drugs
2. Give announcement orally about the plan of the trip to borobudur Temple.
3. Tell your friend to wait for you after school
v Tes lisan (Peformance)
Ex:
1.
Retell a story that
you know very well.
2.
Tell a story based on
the series of a pictures given
.
|
2
x 40 menit
3
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
4. Teks bentuk khusus:
·
Undangan
·
Pengumuman
·
Pesan singkat
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
Buku cerita bahasa inggris
|
Standar kompetensi : Membaca
11. memahami makna
esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
Teknik
|
|
|
||||||
11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essei pendek sederhana
berbentuk recount dan narrative
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkunga sekitar
11.2 merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
11.3 merespon makna dan langkah retorika dalam essei
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Komunikatif; menanamkan sikap komunikatif
dengan membaca nyaring makna teks
pendek dan esei pendek.
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
·
Menumbuhkan sikap komunikatif dengan membiasakan
membaca nyaring makna teks fungsional dan essei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkunga sekitar
·
Menumbuhkan sikap toleransi dalam merespon makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk recount dan narrative
|
· Teks Essei berbentuk narrative
/ recount
· Ciri kebahasaan teks Essei berbentuk narrative / recount
· Tujuan komunikative teks Essei narrative / recount
· Langkah retorika narrative / recount
· Teks fungsional:
· Undangan
· Pengumuman
· Pesan
·
Tujuan komunikative
·
Ciri kebahasaan
|
1. Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2. Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3. Mendengarkan teks narrative / recount
yang dibaca guru
4. Membaca nyaring teks narrative / recount
dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang dibaca
6. Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang dibaca
7. Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang dibaca
8. Menentikan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang dibaca
9. Membaca teks narrative / recount lainya
1. Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
2. Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
3. Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
4.
Menjawab pertanyaan
tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
Membaca teks
fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber
|
· Membaca nyaring dan bermakna teks Essei berbentuk narrative / recount
· Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount
· Mengidentifikasi tujuan komunikative teks narrative / recount
· Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative /
recount
·
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks fungsional
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks fungsional
|
v Tes lisan (membaca nyaring)
Ex:
Read the story aloud
v Tes tulisan - (pilihan ganda)
Ex:
Choose the right
answer based on the teks.
· (isian singkat)
Ex:
Complete the following sentences using the information from the text
· (Pertanyaan tertulis)
Ex:
Answer the following quesions based on the text.
v Tes tulis (PG)
Ex:
Choose the best option
a, b, c or d
|
2 x40 menit
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Buku cerita bahasa inggris
3. Gambar-gambar terkait cerita
4. Rekaman cerita
5. Tape recorder
6. CD
7. VCD player
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar
|
Standar kompetensi : Menulis
12. mengunkapkan
makna dalam teks fungsional dan esei pendek sederhana recount dan narative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
|
|
|||||||||
12.1 mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berintraksi dengan longkungan sekitar
12.2 mengungkapakan makna dan langkah retorika dalam
Essei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk
recount dan narrative
|
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
· Komunikatif;
menanamkan sikap komunikatif dengan
membaca nyaring makna teks pendek dan esei pendek.
·
Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam
melakukan tindak tutur
·
Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli
sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
|
·
Menumbuhkan sikap toleransi mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berintraksi dengan longkungan sekitar
Menumbuhkan sikap toleransi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Teks fungsional:
·
Undangan
·
Pengumuman
·
Pesan singkat
·
Teks Essei
Narrative / recount
·
Ciri kebahasaan teks
narrative / recount
·
Langkah retorika teks
narrative / recount
|
1.
Review tujuan
komunikative dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2.
Menulis kalimat
sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
3.
Melengkapi teks
fungsional pendek
4.
Menulis teks
fungsional pendek
1. Review ciri kebahasaan teks narrative
2. Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
3. Mengembanghkan langkahretoria teks recount dan narrative
4. Membuat draft teks recount dan narrative
5. Menulis teks recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
6. Memajang hasil tulisan di dinding
|
· Menulis teks fungsional pendek berbentuk:
- pengumuman
- undangan
- pesan singkat
·
Menulis teks pendek
dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar
|
v Tes tulis (Essay)
Ex:
-
Write sentences based
on the situation given
-
Complete the text
using suitable word / words
-
Write a text of
invitation on your farewell party
v Tes tertulis (uraian)
Ex: write a short
narrative text based on:
- The story you have ever read
- Series of pictures given
|
2 x 40 menit
4 x40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait dan topik
4. Benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Buku cerita bahasa inggris
3. Gambar-gambar terkait cerita
|
|||
Kepala Sekolah Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran,
Triono, S.Pd Andika
Agus S.Pd Fathorrahman
NIP,196901210200090301001
0 comments:
New comments are not allowed.