RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
1. Jenjang : SMP Raden Fatah
2. Mata Pelajaran : Bahasa inggris
3. Kelas/Semester : VIII / 2
4. Alokasi waktu : 14 x 40 menit
5. KKM : 75
6. KKM Clasical : 80%
B. Materi Pelajaran
Expresi ungkapan tentang :
2. Meminta, memberi, dan menolak barang,
3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
5. Menawarkan / menerima / menolak sesuatu
C. Standar Kompetensi
7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
D. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
1. meminta, memberi, menolak jasa,
2. Meminta, memberi, dan menolak barang,
3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
5. Menawarkan / menerima / menolak sesuatu
6. Agreement dan disagreement
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
1. meminta, memberi, menolak jasa,
2. Meminta, memberi, dan menolak barang,
3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
5. Menawarkan / menerima / menolak sesuatu
6. Agreement dan disagreement
E. Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter
· Toleransi : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur
· Peduli social : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
F. Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB)
7.1 Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
9.1 Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
G. Tujuan Pembelajaran
Mengimplementasikan ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa[2], meminta, memberi, dan menolak barang, meminta, memberi, dan mengingkari informasi meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu, dan agreement dan disagreement dalam kegiatan transaksional dialog.
H. Indicator
Speaking
- Dapat mengungkapkan ungkapan :
1) Meminta, member, dan menolak jasa[3]
2) Meminta, memberi, dan menolak barang
3) Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4) Meminta, memberi, dan menolak pendapat
5) Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,
6) Agreement dan disagreement
Listening
- Dapat merespon ungkapan[4]
1) Meminta, member, dan menolak jasa
2) Meminta, memberi, dan menolak barang
3) Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4) Meminta, memberi, dan menolak pendapat
5) Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,
6) Agreement dan disagreement
I. Pendekatan
- CTL
- Cooperative learning
J. Sumber
1. Lingkungan Sekolah sebagai sarana pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
2. Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari. Hal: 61 & 141
3. English in Focus for Grade VIII halaman 11 oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
K. Kegiatan pembelajaran (Penggalan 3)
- Kegiatan pendahuluan (explorasi)
a. Apakah kalian pernah memberikan pertolongan terhadap orang lain?
b. Siapakah orang yang kalian tolong?
c. Bagaimana kalian menawarkan pertolongan tersebut?
d. Bagaimana kalian memberikan pertolongan tersebut?
- Kegiantan inti (elaborasi)
a. Siswa memperagakan bagaimana memberi pertolongan kepada orang lain.
b. Meminta 2 siswa memperagakan bagaimana memberikan pertolongan pada seseorang
c. Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan untuk memberi pertolongan dalam bahasa inggris berbentuk short dialog
Student A : May I help you?
Student B : Very well, thank you
Pada English in Focus for Grade VIII halaman 11-12 oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
Dialogue 1
Nina : Niko, can you do me a favour, please?
Niko : Of course, what can I do for you?
Nina : Would you be so kind as to take care of my cat.
I’m going to Bogor tomorrow to visit my uncle,
he is sick. I’ll be there for about two days.
Niko : I’d be very happy to take care of your cat. I love
cats.
Nina : Great. Thanks.
Niko : Should I bathe it?
Nina : No, it’s not necessary.
Speech Act
To ask for someone’s help, you could use these
expressions:
• Can you help me, ...?
• Please, help me.
• Can you do me a favour, please?
• Would you be so kind as to ...?
To give help to someone, you could use these
expressions:
• Let me give you a hand.
• Here, I’ll do it for you.
• May I help you with ..., Sir/Ma’am?
To reject someone’s help, you could use these
expressions:
• No, it’s not necessary.
• Thank you for offering, but ....
To admit a fact, you could use these expressions:
• Yes, I admit it.
• Yes, I did ....
• Yes, it’s true.
To deny a fact, you could use these expressions:
• I’m not lying, Dad. (actually you lie).
• No, I didn’t say that. (actually you said it).
• The Á ower smells good. (actually the Á ower smells
bad)
d. Dengan menggunakan contoh ungkapan yang diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student A : May I help you?
Student B : Very well, thank you
e. Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan pertolongan secara berpasang.
f. Siwa mempraktektan dialog mereka
- Kegiatan penutup (konfirmasi)
a. Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran berlangsung.
Guru menanyakan kepada siwa :
b. Apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
c. Kesulitan apa yang kalian alami selama materi pembelajaran ini berlangsung?
L. Tugas
- Tugas terstructur
M. Penilaian
1. Prosedur penilaian untuk materi ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa.
- Tes tulis dilaksanakan setelah akhir pembelajaran penggalan ke-3
- Tes unjuk kerja diindetifikasi pada kegiatan siswa pada saat melakukan dialog tentang memberikan pertolongan, dan pembiasaan melakukan pertolongan
- Penilaian tugas mandiri berupa : membuat ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa berupa dialog.
2. Teknik penilaian
- Penilaian test tertulis sebanyak 5 items soal uraian (terlampir) sebagai penilaian hasil
- Unjuk kerja sebagai penilaian proses pada saat melakukan percakapan/dialog tentang meminta, memberi, dan menolak jasa.
- Penilaian karya tugas mandiri yang dibuat siswa antara lain berupa ungkapan-ungkapan tentang meminta, memberi, dan menolak jasa.
3. Bentuk tes
1. Tertulis berbentuk uraian
2. Non test berupa : unjuk kerja
3. Penugasan terstruktur
4. Instrumen penilaian terlampir di halaman 11
5. Pedoman penskoran
1. Scoring
a. Skor tes tulis maksimum 100
b. Penilaian proses pembelajaran maksimum 100, dirinci sebagai berikut:
1. Siswa dapat mengexpresikan ungkapan-ungkapn tentang meminta, memberi, dan menolak jasa dengan baik dan benar di beri skor 40
2. Siswa dapat menggunakan pronounciation dengan baik di beri skor 20
3. Ketepatan kalimat yang di ucapkan oleh siswa di beri skor 20
4. Siswa dapat menguasai kosa kata yang baik dan benar di beri skor 20
c. Skor tugas terstructur maksimum 100 (tugas terlampir)
2. Pedoman Penilaian
1. Cognitive diberi bobot 70%
a. Hasil penilaian tes tulis diberi bobot 20%
b. Penilaian proses diberi bobot 30%
c. Penyelesaian tugas terstructur diberi bobot 20%
2. Afective diberi bobot 30%
a. motivasi diberi bobot 10%
b. keaktifan diberi bobot 10%
c. kesantunan diberi bobot 10%
3. Program Remedial and Enrichment
A. Kriteria Remidial
1. Remidi Individual
If student > 75% = Enrichment[5]
If student < 74% = Remidial individual
Kelas : 40 siswa
Jumlah > 75 : 20 siswa : 50%
2. Remidi Klasikal
Remidi secara klasikal diberikan jika jumlah siswa yang mendapatkan scor > KKM, kurang dari 80%.
Kriteria ketuntasan belajar klasikal
Remidi klasikal : > 80%
B. Bentuk Remidial & Enrichment
1. Remidial
a. Drill : pengulangan konsep mareri yang telah di ajarkan
Activate student by dividing the class into 2 groups
A : Asking group
Ex: would you mind if I ask your help?
B : Refusing group
Ex: I’m so sorry
2. Enrichment (Pengayaan)
Siswa dapat mempelajari materi yang akan dipelajari pada tahap selanjutnya, tentang Recount Text:
Kriteria
Skor | Kriteria |
5 | Anak mampu menggunakan/mengexpresikan materi tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa dengan baik dan benar |
4 | Anak mampu menggunakan/mengexpresikan materi tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa dengan baik tapi kurang tepat |
3 | Anak mampu menggunakan/mengexpresikan materi tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa dengan benar tapi tidak tepat |
2 | Anak mampu menggunakan/mengexpresikan materi tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa kurang benar |
1 | Anak mampu menggunakan/mengexpresikan materi tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa tidak baik dan tidak benar |
No | Indikator | Skor |
1 | Expresi | 40 |
2 | Pronunciation | 20 |
3 | Kosa kata | 20 |
4 | Ketepatan ungkapan | 20 |
Scoring Siswa Kelas VIII D
No | Name | Indikator | Total Scor | ||||
Expresi 40 | Pronounciation 20 | Losakata 20 | Ungkapan 20 | ||||
1 | Agus Setiawan | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
2 | A. Agus Angga P. | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | |
3 | Andi Setiawan | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
4 | Andrianto | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | |
5 | Ardiansyah Rusdianto | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
6 | Bayu Ardiansyah | 30 | 15 | 20 | 20 | 85 | |
7 | Diky Candra Setiawan | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
8 | Dona Krisbiantoro | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
9 | Dyah Khusnul K | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
10 | Fatkur Choirul Islam | 25 | 15 | 20 | 15 | 75 | |
11 | Fatma Susanti | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | |
12 | Frenky Wahyu Pratama | 30 | 20 | 15 | 15 | 80 | |
13 | Indriana Dewi K. | 30 | 15 | 20 | 20 | 85 | |
14 | Irvanda Nurhandika | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
15 | Isma Agustyas Putri | 30 | 10 | 20 | 20 | 80 | |
16 | Johan Andi Prasetyo | 30 | 15 | 10 | 20 | 80 | |
17 | Khoirul Roziqin | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
18 | Kiki Verynuca Nur A. | 25 | 20 | 10 | 20 | 75 | |
19 | Mochamad Galih S. | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
20 | Muh. Rizki Zainuri | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
21 | M. Tri Wahono | 25 | 15 | 20 | 15 | 75 | |
22 | Rini Yuliawati | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
23 | Rio Bagus Priyanto | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | |
24 | Rita Fidiyanti | 35 | 15 | 10 | 20 | 80 | |
25 | Rulianto | 20 | 20 | 20 | 20 | 80 | |
26 | Saptria Zainudin | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
27 | Setyawan Adi Saputro | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | |
28 | Tri Riski Nur Cahyani | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
29 | Yulia Kristanti | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | |
30 | Yusuf Dwi Anggri | 35 | 15 | 10 | 20 | 80 | |
31 | Zumei Intansari | 35 | 10 | 20 | 15 | 80 |
Scoring Siswa Kelas VIII C
No | Name | Indikator | Total Scor | |||||
Expresi 40 | Pronounciation 20 | kosakata 20 | Ungkapan 20 | |||||
1 | Aam Dwi Yohan | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | ||
2 | Amin Wahyu Prastiyo | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | ||
3 | Anang Setyo Santoso | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | ||
4 | Andi Setiawan | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
5 | Andrian Tritomi | 25 | 20 | 15 | 15 | 75 | ||
6 | Bayu Rian Aditia S. | 25 | 15 | 20 | 15 | 75 | ||
7 | Eltin Kistanti | 25 | 15 | 20 | 15 | 75 | ||
8 | Fariz Faisal Khamim | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
9 | Fendi Firmansyah | 20 | 20 | 20 | 20 | 80 | ||
10 | Indra Bayu H | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
11 | Joni Mardiantoro | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | ||
12 | Kiki Nandi Setiyawan | 30 | 10 | 20 | 20 | 80 | ||
13 | Lialatul Magfiroh | 30 | 10 | 20 | 20 | 80 | ||
14 | Lena Putri P | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | ||
15 | Lestari Rahayu | 30 | 15 | 20 | 20 | 85 | ||
16 | Lukman Dariono | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | ||
17 | Lusi Tri Utami | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | ||
18 | Muslimin Deni Saputro | 25 | 15 | 20 | 20 | 80 | ||
19 | Nila Agustina | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
20 | Nur Slamet A | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
21 | Rahmanda L | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
22 | Ratna Dwi Kristanti | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
23 | Renanda Angga P | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | ||
24 | Rendi Risdianto P.H.S | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
25 | Ricci Adi N | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | ||
26 | Richo Tantowiyas | 30 | 15 | 15 | 20 | 80 | ||
27 | Samsul Komarudin D.W.P | 25 | 15 | 15 | 20 | 75 | ||
28 | Sevti Novitasaei | 30 | 10 | 20 | 20 | 80 | ||
29 | Sri Wahyunita | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
30 | Yuni Tri Rahayu | 30 | 20 | 15 | 20 | 85 | ||
31 | Yusup Achir R | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
32 | Zainal Rojikin | 25 | 20 | 15 | 20 | 80 | ||
Standar kompetensi
Letter Score | Score | Keterangan |
A | 100 - 90 | Excellent |
B | 89 – 70 | Good |
C | 69 - 50 | Fair |
D | 49 - 30 | Poor |
Batu, 1 February 2011
Kepala Sekolah Guru Pamong Guru Mata Pelajaran,
Triono, S.Pd Andika Agus S.Pd Fathorrahman
NIP,196901210200090301001
Soal
1. Which statement below is the expression of aggreement!
1. A. I don’t think so C. Not, really
B. I’m with you D. I disagree with
2. A. I disagree with C. I agree with
B. I don’t agree D. That’s not true/right
3. A. That’s not true/right C. So do I
B. I’m not with you D. I disagree with
2. Answer these questions bellow using expression of disagreement!
4. The students in this school are naughty, aren’t they?
Answer :
5. The teacher must always get angry to the student in the class
Answer :
3. Which statement below is the expression of asking, giving, and refusing help:
A. Expression of asking help
1. A. I don’t think so C. No, thanks
B. What can I do for you? D. Can you help me ?
2. A. Would you mind if I ask your help? C. No, thanks
B. Never mind D. May I help you?
B. Expression of giving help
3. A. What can I do for you? C. No, thanks
B. Never mind D. Can you help me ?
4. A. Would you mind if I ask your help? C. Can you help me ?
B. Very well, thank you D. May I help you?
C. Expression of refusing help
5. A. Very well, thank you C. May I help you?
B. Can you help me ? D. No, thanks
MATERI
To ask for someone’s help, you could use these
expressions:
• Can you help me, ...?
• Please, help me.
Asking, Giving & refusing Help
• Can you do me a favour, please?
• Would you be so kind as to ...?
To give help to someone, you could use these
expressions:
• Let me give you a hand.
• Here, I’ll do it for you.
• May I help you with ..., Sir/Ma’am?
To reject someone’s help, you could use these
expressions:
• No, it’s not necessary.
• Thank you for offering, but ....
To admit a fact, you could use these expressions:
• Yes, I admit it.
• Yes, I did ....
• Yes, it’s true.
To deny a fact, you could use these expressions:
• I’m not lying, Dad. (actually you lie).
• No, I didn’t say that. (actually you said it).
• The Á ower smells good. (actually the Á ower smells
bad)
Agreement & Disaggrement
Dialogue
Nina : Niko, can you do me a favour, please?
Niko : Of course, what can I do for you?
Nina : Would you be so kind as to take care of my cat.
I’m going to Bogor tomorrow to visit my uncle,
he is sick. I’ll be there for about two days.
Niko : I’d be very happy to take care of your cat. I love
cats.
Nina : Great. Thanks.
Niko : Should I bathe it?
Nina : No, it’s not necessary
Asking for, Giving and Refusing Opinions
0 comments:
Post a Comment