SILABUS

Sekolah : SMP Raden Fatah
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi
Dasar Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB) Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
7.1. Mmerespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta,
• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata. Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 1. Expresi ungkapan tentang :
1. Meminta, memberi, dan menolak jasa (Main material),
2. Meminta, memberi, dan menolak barang,
3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat,
5. Menawarkan / menerima / menolak sesuatu
1. Kegiatan pendahuluan (explorasi)
a. Apakah kalian pernah memberikan pertolongan terhadap orang lain?
b. Siapakah orang yang kalian tolong?
c. Bagaimana kalian menawarkan pertolongan tersebut?
d. Bagaimana kalian memberikan pertolongan tersebut?
2. Kegiatan inti (elaborasi)
a. Siswa memperagakan bagaimana memberi pertolongan kepada orang lain.
1. Dapat mengungkapkan ungkapan
1) Meminta, member, dan menolak jasa
2) Meminta, memberi, dan menolak barang
3) Meminta, memberi, dan mengingkari informas
4) Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
5) Meminta, memberi, dan menolak pendapat
Tes tertulis




Tes lisan












2 x 40 menit

















1. Lingkungan Sekolah sebagai sarana pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun

2. English in Focus for Grade VIII halaman 11 oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.

3. Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari. Hal: 61 & 141


Kompetensi
Dasar Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB) Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
menerima dan menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi, dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan/menerima/ menolak sesuatu.

7.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan, dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.



















• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.


















Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


















6. Agreement dan disagreement










b. Meminta 2 siswa memperagakan bagaimana memberikan pertolongan pada seseorang
c. Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan untuk memberi pertolongan dalam bahasa inggris berbentuk short dialog
d. Dengan menggunakan contoh ungkapan yang diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student A : May I help you?
A: May I help you?
B: Very well, thank you
e. Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan pertolongan.
f. Siwa mempraktektan dialog mereka secara berpasang-pasangan
3. Kegiatan penutup (konfirmasi)
a. Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran berlangsung.
b. Apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
Kesulitan apa yang kalian alami selama materi pembelajaran ini berlangsung 6) Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,





















Tes lisan





Tes tulis



















2 x 40 menit





















1. Lingkungan Sekolah sebagai sarana pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
4. Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari.




Standar kompetensi : Mendengarkan
8. memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berintraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB) Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
8.1. merespon makna yang terdappat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar







































8.2. merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berintraksi dengan lingkungan secara dalam teks berbentuk narrative dan recount • Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.






























• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata. Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat





























Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: do you mindlending me some money?
B: no problem/ I want to, but...

A: can i have a bit
B: sure, here you

A: here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: do you like it?
B: yes, I do

A: have you done it?
B: sorry, I haven’t

A: do you think it’s good?
B: i thinks so/ sorry, I can’t say anything

A: would you like some...
B: yes, please/ no, thank



















Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: what if it I do it again
B: fine with me.

A: I have to go now.
B: Do you have to?

A:.....
B: Right/ I see/ hm..m

• hello, excuse me...
• Did you?/ were you?
• Thanks/ bye../ see you.


• Could i speake to..please?
• Well, I’m calling to..
• Nice talking to you 1. Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb,adj, adverb)
2. Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
3. Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
4. Mendengarkan percakapan tewntang materi terkait
5. Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
6. Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
7. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/ topik yang akan dibahas
8. Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
9. Menentukan makna kosakata dalam daftar
10. Menggunakan kosakata dalam kalimat
11. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkaiat
12. Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
13. Mendengarkan percakapan
14. Menjawab pertanyan tentang percakapan • Mengidentifikasikan berbagai informasi dalam teks funsional pendek undangan, pesan singat
• Mengidentifikasikan tujuan komunikatif teks fungsional pendek



 Tes tulis (melengkapi rumpang)
Ex:
Listen to the dialogue and complete the following teks



2 x 40 menit
1. Buku teks yang relevan
2. Script teks fungsional pendek
3. Rekaman teks
4. Tape recorder
5. Contoh teks fungsional
6. Gambar yang relevan










Standar kompetensi : Berbicara
9 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Skompetensi
Dasar Kompetensi Dasar Pendidikan Karakter Competensi Dasar Integrasi (KD & PKB) Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu

9.2. merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berintraksi dengan lingkungan secara dalam teks berbentuk narrative dan recount • Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata. Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur : meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 1. Expresi ungkapan tentang :
1. Meminta, memberi, dan menolak jasa (Main material),
2. Meminta, memberi, dan menolak barang,
3. Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
4. Meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan
5. Menawarkan / menerima / menolak sesuatu
1. Kegiatan pendahuluan (explorasi)
a. Apakah kalian pernah memberikan pertolongan terhadap orang lain?
b. Siapakah orang yang kalian tolong?
c. Bagaimana kalian menawarkan pertolongan tersebut?
d. Bagaimana kalian memberikan pertolongan tersebut?

2. Kegiatan inti (elaborasi)
a. Siswa memperagakan bagaimana memberi pertolongan kepada orang lain.
b. Meminta 2 siswa memperagakan bagaimana memberikan pertolongan pada seseorang
c. Guru memberikan contoh ungkapan yang digunakan untuk memberi pertolongan dalam bahasa inggris berbentuk short dialog
d. Dengan menggunakan contoh ungkapan yang diberikan guru, siswa mempraktekannya secara berpasangan.
Contoh : Student A : May I help you?
A: May I help you?
B: Very well, thank you
e. Siswa membuat dialog tertulis tentang ungkapan pertolongan.
f. Siswa mempraktektan dialog mereka secara berpasang-pasangan

3. kegiatan penutup (konfirmasi)
a. Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran berlangsung.
b. Apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat membantu dalam memahami materi ini?
c. Kesulitan apa yang kalian alami selama materi pembelajaran ini berlangsung?

1. Dapat mengungkapkan ungkapan
1) Meminta, member, dan menolak jasa
2) Meminta, memberi, dan menolak barang
3) Meminta, memberi, dan mengingkari informas
4) Meminta, memberi, dan mengingkari informasi
5) Meminta, memberi, dan menolak pendapat
6) Menawarkan / menerima / menolak sesuatu,


Tes tulis 2 x 40 1. Lingkungan Sekolah sebagai sarana pengimplementasian dalam bertindak tutur secara santun
2. English in Focus for Grade VIII halaman 11 oleh Artono Wardiman dan kawan-kawan.
3. Scaffolding English for Junior High School, Grade VIII. Joko Priyana, Arnys R Irjayanti & Virga Renitasari.


Standar kompetensi : Berbicara
10. mengunkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana bebentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi
Dasar Kompetensi dasar pendidikan karakter Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
10.1 mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar











10.2 mengungkapkan makan dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative • Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.









• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.

• Komunikatif; menanamkan sikap komunikatif dengan membaca nyaring makna teks pendek dan esei pendek.

Menumbuhkan sikap kompetensi dan juga sikap toleransi dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar












Menumbuhkan sikap kompetensi dan juga sikap toleransi dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Menanamkan sikap komunikatif dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
• teks fungsional pendek:
• undangan
• pengumuman
• pesan singkat





















• teks monolog berbentuk narrative

1. Review kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
2. Membuat kalimat sederhana untuk:
• Mengundang
• Mengumumkan
• Memberi pesan
3. Membahas gambit-gambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
4. Membuat secara lisan:
• Undangan
• Pengumuman
• Pesan singkat





1. Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
2. Membuat kalimat secara lisan terkait ciri-cirikebahasaan teks narrative
• Simple past
• Past continous
• Temporal
• Cojuctions
• Connective
• Adverbs
• Adjective
3. Melakaukan percakapan terkait cerita populer dikotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai:
Really? That’s temble!, How then?, First..., then..., finally..
4. Menceritakan kembali teks narrative yang pernah didengar
Menceritakan bedasarkan gambar cerita populer • Mengungkapan secara lisan teks fungsional:
• Pengumuman
• Undangan
• Pesan singkat
• Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat







Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount  Tes lisan (Performance)
Ex:
1. Invite your friend orally to join a discassion on the danger of drugs
2. Give announcement orally about the plan of the trip to borobudur Temple.
3. Tell your friend to wait for you after school




 Tes lisan (Peformance)
Ex:
1. Retell a story that you know very well.
2. Tell a story based on the series of a pictures given

. 2 x 40 menit



























3 2 x 40 menit




1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
4. Teks bentuk khusus:
• Undangan
• Pengumuman
• Pesan singkat



1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
Buku cerita bahasa inggris

Standar kompetensi : Membaca
11. memahami makna esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar Kompetensi dasar pendidikan karakter Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkunga sekitar























11.2 merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar




11.3 merespon makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative • Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Komunikatif; menanamkan sikap komunikatif dengan membaca nyaring makna teks pendek dan esei pendek.














• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
• Menumbuhkan sikap komunikatif dengan membiasakan membaca nyaring makna teks fungsional dan essei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkunga sekitar













• Menumbuhkan sikap toleransi dalam merespon makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative • Teks Essei berbentuk narrative / recount
• Ciri kebahasaan teks Essei berbentuk narrative / recount
• Tujuan komunikative teks Essei narrative / recount
• Langkah retorika narrative / recount




















• Teks fungsional:
• Undangan
• Pengumuman
• Pesan

• Tujuan komunikative
• Ciri kebahasaan 1. Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2. Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3. Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru
4. Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang dibaca
6. Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang dibaca
7. Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang dibaca
8. Menentikan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang dibaca
9. Membaca teks narrative / recount lainya



1. Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
2. Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
3. Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
4. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
Membaca teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber • Membaca nyaring dan bermakna teks Essei berbentuk narrative / recount
• Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount
• Mengidentifikasi tujuan komunikative teks narrative / recount
• Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative / recount
















• Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional
• Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional
• Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional  Tes lisan (membaca nyaring)
Ex:
Read the story aloud
 Tes tulisan - (pilihan ganda)
Ex:
Choose the right answer based on the teks.
• (isian singkat)
Ex:
Complete the following sentences using the information from the text
• (Pertanyaan tertulis)
Ex:
Answer the following quesions based on the text.







 Tes tulis (PG)
Ex:
Choose the best option a, b, c or d 2 x40 menit




































2 x 40 menit 1. Buku teks yang relevan
2. Buku cerita bahasa inggris
3. Gambar-gambar terkait cerita
4. Rekaman cerita
5. Tape recorder
6. CD
7. VCD player













1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar











Standar kompetensi : Menulis
12. mengunkapkan makna dalam teks fungsional dan esei pendek sederhana recount dan narative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar Kompetensi dasar pendidikan karakter Integrasi kompetensi dasar dan kompetensi dasar pendidikan karakter Materi
Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber
Belajar
Teknik
12.1 mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berintraksi dengan longkungan sekitar












12.2 mengungkapakan makna dan langkah retorika dalam Essei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative • Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Komunikatif; menanamkan sikap komunikatif dengan membaca nyaring makna teks pendek dan esei pendek.







• Tolerate : Menumbuhkan sikap toleransi dalam melakukan tindak tutur

• Peduli sosial : Menumbuhkan sikap peduli sosial dalam tindak tutur secara sopan santun dalam bertutur kata.
• Menumbuhkan sikap toleransi mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berintraksi dengan longkungan sekitar











Menumbuhkan sikap toleransi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative Teks fungsional:
• Undangan
• Pengumuman
• Pesan singkat
























• Teks Essei
Narrative / recount
• Ciri kebahasaan teks narrative / recount
• Langkah retorika teks narrative / recount 1. Review tujuan komunikative dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2. Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
3. Melengkapi teks fungsional pendek
4. Menulis teks fungsional pendek
















1. Review ciri kebahasaan teks narrative
2. Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
3. Mengembanghkan langkahretoria teks recount dan narrative
4. Membuat draft teks recount dan narrative
5. Menulis teks recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
6. Memajang hasil tulisan di dinding • Menulis teks fungsional pendek berbentuk:
- pengumuman
- undangan
- pesan singkat
























• Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar  Tes tulis (Essay)
Ex:
- Write sentences based on the situation given
- Complete the text using suitable word / words
- Write a text of invitation on your farewell party


















 Tes tertulis (uraian)
Ex: write a short narrative text based on:
- The story you have ever read
- Series of pictures given 2 x 40 menit





























4 x40 menit 1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait dan topik
4. Benda sekitar

















1. Buku teks yang relevan
2. Buku cerita bahasa inggris
3. Gambar-gambar terkait cerita


Kepala Sekolah Guru Pamong Guru Mata Pelajaran,



Triono, S.Pd Andika Agus S.Pd Fathorrahman
NIP,196901210200090301001

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment